Jumat, 28 Mei 2010

Permainan Tradisional yang Terlupakan

Sama seperti halnya cerita rakyat, mainan tradisional lahir sebagai bentuk pewarisan nilai dari para orangtua terhadap generasi muda. Ia juga lahir dari kondisi alam dan lingkungan sekitar.

Pada masa kecil kita dulu, kita sering sekali memainkan berbagai permainan tradisional seperti benteng-bentengan, petak umpet, boy-boyan, kelereng, bekel, dan lain - lain. Tapi nampaknya permainan-permainan itu mulai dilupakan oleh anak-anak zaman sekarang. Coba kita tanya ke anak-anak kecil sekarang apa mereka masih sering memainkan permainan-permainan tradisional itu? Pasti kebanyakan dari mereka sudah jarang bahkan tidak pernah memainkan permainan-permainan itu. tapi coba kita tanya tentang game online, pasti kebanyakan dari mereka menjawab tahu. lalu, kemanakah permainan tradisional Indonesia? sepertinya semakin hari semakin terlupakan. Padahal permainan-permainan tersebut sangat seru untuk dimainkan.

Permainan-permainan itu harusnya tetap kita lestarikan. Jangan hanya mengikuti arus zaman yang makin serba komputerisasi
dan hanya duduk di depan komputer berjam-jam, dimana mereka hanya berkutat di dunia maya yang semakin rawan atas tindak kejahatan. Sehingga permainan-permainan "modern" itu makin mendominasi anak-anak zaman sekarang.

Jadi, di sini kita menyajikan berbagai macam permainan tradisional yang mungkin bisa membuka ingatan anda tentang permainan-permainan tradisional kita. silahkannn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar